PROGRAM PUSAT ZAKAT UMAT (PZU) DAN KAMPANYE YANG DILAKUKAN



PROGRAM PUSAT ZAKAT UMAT (PZU) DAN KAMPANYE YANG DILAKUKAN

persis.or.id


Pusat Zakat Umat (Lembaga Amil Zakat Nasional Persatuan Islam) adalah sebuah lembaga pengelola Zakat, Infaq dan Shadaqah yang berkhidmat untuk meningkatkan kesejahteraan umat dalam bidang pendidikan, dakwah, sosial, ekonomi dan kesehatan. Lokasi Pusat Zakat Umat berada di Kota Bandung tepatnya di Jl. Perintis Kemerdekaan No. 2-4 Bandung – Jawa Barat, Indonesia. Pusat Zakat Umat didirikan pada tahun 2001, yang didukung oleh amil zakat profesional dan amanah. Pusat Zakat Umat menetapkan visi sebagai Menjadi Lembaga yang Unggul dan Kompetitif dalam Pemberdayaan Umat Demi Kesejahteraan Umat di Seluruh Indonesia.
Pusat Zakat Umat memiliki lima program unggulan yaitu: Umat Sholeh, Umat Pintar, Umat Peduli, Umat Sehat, dan Umat Mandiri. Selain itu, PZU memiliki jaringan Kantor Perwakilan dan Kantor Unit di beberapa daerah di Indonesia.
A.   PROGRAM
Dari sekian banyak program yang dimiliki oleh Pusat Zakat Umat (PZU), dalam laporan ini penulis mengambil satu program yang menarik perhatian penulis yaitu Program Bina Desa. Program Bina Desa ini merupakan salah satu sub program dari program Umat Sholeh. Program Bina Desa ini merupakan program komprehensif PZU di bidang pendidikan, dakwah, ekonomi dan sosial dengan tujuan memberikan pembinaan bagi desa-desa tertinggal yang ada di Kabupaten Bandung yang jauh dari pusat perkotaan melalui pendekatan peningkatan pendidikan dengan membangun sarana pendidikan, dan hewan ternak untuk dikelola oleh sekolah/madrasah sebagai upaya peningkatan perekonomian desa.

B.     RISET PROGRAM
Untuk program Bina Desa, PZU melakukan penelitian kecil ke berbagai desa yang cukup tertinggal (jauh dari perkotaan) di Kab. Bandung untuk melihat dan mencari aspek apa saja yang dibutuhkan di desa tersebut. Untuk mengetahui desa-desa yang tertinggal PZU melakukan observasi langsung ke tempat-tempat yang ada di Kabupaten Bandung yang aksesnya jauh dari pusat kota. Dan akhirnya ditemukanlah beberapa tempat salah satunya di Desa Awi Puncak. Di desa tersebut akses pendidikan sangat sulit dan masyarakat mengandalkan sumber daya alam untuk bisa bertahan hidup. Untuk itu PZU berupaya membina desa tersebut melalui peningkatan pendidikan dan memberikan hewan ternak untuk pengelolaan ekonomi masyarakat desa tersebut.

C.    PERENCANAAN PROGRAM
Program direncanakan oleh tim khusus PZU. Program tersebut ditangani oleh planner team dari Divisi Pendayagunaan yang dibagi menjadi beberapa team untuk mempelajari dan menjalankan program tersebut. Melihat masalah yang ada pada desa yang akan di bina terletak pada bidang pendidikan dan ekonomi, maka dalam perencanaan program yang akan dilakukan akan berfokus kepada bidang tersebut namun tetap tidak mengesampingkan aspek dakwah di dalamnya sebagai Misi lembaga Persatuan Islam.
Dalam rencana yang di gagas, PZU dalam program Bina Desa akan membangun Madrasah agar pendidikan dapat diakses dengan mudah, selain itu untuk meningkatkan taraf ekonomi dan menambah mata pencaharian, PZU memberikan sepasang domba untuk dikelola dan hasilnya bisa digunakan untuk operasional sekolah.

D.    PELAKSANAAN PROGRAM
Pusat Zakat Umat (PZU) merealisasikan program Bina Desa di Desa Awi Puncak Kecamatan Pasir Jambu Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat. Program Bina Desa PZU merupakan program pemberdayaan masyarakat yang berada di satu wilayah, untuk melaksanakan program keumatan PZU dalam rentang waktu tertentu. Madrasah Al-Ma’ruf PPI 176 Pasir Jambu merupakan madrasah hasil dari program Bina Desa PZU.
Program Bina Desa di Desa Awi Puncak untuk Madrasah Al-Ma’ruf PPI 176 Pasir Jambu ini PZU telah membangun bangunan Madrasah 3 bangunan kelas untuk pembangunan pertama dan 4 bangunan kelas dua tingkat untuk pembangunan kedua, selain pemberian fasilitas pendidikan berupa bangunan, PZU juga melaksanakan pembinaan bagi para guru, menyerahkan bantuan paket alat tulis sekolah dan memberikan sepasang domba yang dikelola dan diperuntukkan untuk operasional sekolah.
Dalam pelaksanaan program, PZU melakukan planning, survey, assessment, dan monitoring terhadap program yang sedang/sudah dilaksanakan. Monitoring dilakukan secara berkesinambungan dan melihat bagaimana perkembangan desa yang di bina serta menganalisis masalah-masalah apa yang ada selama perkembangan untuk di evaluasi dan dicari solusi yang terbaik.

E.     KAMPANYE PROGRAM
Pusat Zakat Umat menggunakan berbagai langkah dan strategi untuk mengkampanyekan program-programnya. Terkhusus untuk mengkampanyekan atau mensosialisasikan program Bina Desa, PZU menggunakan strategi online dan offline agar masyarakat bisa mengetahui dan bisa berpartisipasi dalam program Bina Desa tersebut dengan cara mengeluarkan zakat dan memberikan bantuan dalam bentuk apa pun.
1)      Online
Jejaring sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan official website. Untuk waktu upload biasanya satu hari 2 sampai 3 kali dengan konten ajakan dan beberapa informasi bermanfaat terkait program. Berkenaan dengan program Bina Desa, dalam kampanye yang dilakukan dengan menggunakan media online PZU menggunakan dan memanfaatkan media sosial sebagai media penyampaian informasi dan sarana persuasif kepada masyarakat luas. Selain itu ketika melakukan kegiatan di desa binaan PZU memposting kegiatan tersebut di media internal dan bekerja sama dengan media Persatuan Islam sehingga ruang lingkup cakupan informasi tersebar lebih luas.
2)      Offline
Menggunakan Brosur dan silaturahmi ke beberapa perusahaan untuk menjalin kerja sama. Terkait dengan program Bina Desa, PZU melakukan observasi langsung ke lokasi salah satunya Desa Awi Puncak Kecamatan Pasir Jambu Kabupaten Bandung. Dan ketika melakukan kegiatan di lokasi tersebut PZU melakukan penyuluhan kepada pihak madrasah dan masyarakat setempat dan mensosialisasikan program Bina Desa tersebut.

Dalam sarana online maupun offline, PZU senantiasa mengajak masyarakat untuk selalu mengeluarkan zakatnya untuk kepentingan umat. Dan dalam program Bina Desa ini PZU memberikan bukti nyata bahwa zakat yang dikeluarkan oleh masyarakat digunakan dan disalurkan untuk membangun masyarakat-masyarakat yang tertinggal dengan upaya meningkatkan tarap pendidikan melalui pembangunan sarana pendidikan, dakwah, sosial dan ekonomi.


F.     EVALUASI PROGRAM
Evaluasi program dilakukan oleh tim yang menjadi koordinator program Bina Desa dan kemajuan serta kendala dalam pelaksanaan program disampaikan pada Rakor (Rapat Koordinasi) yang dilakukan satu bulan sekali. Berdasarkan monitoring yang rutin dilakukan program Bina Desa di Desa Awi Puncak terus mengalami perkembangan maka dari itu PZU terus memberikan dorongan agar desa tersebut terus berkembang. Melihat semakin banyaknya siswa yang masuk ke Madrasah Al-Ma’ruf PPI 176 Pasir Jambu, PZU sedikit demi sedikit memberikan bantuan untuk menambah ruang kelas dan memberikan pelatihan bagi guru untuk meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah tersebut.

Komentar